Kalahkan PSPS Riau, Persiraja Naik Peringkat
Laga antara Persiraja Banda Aceh dengan PSPS Riau. Foto: MO

Kalahkan PSPS Riau, Persiraja Naik Peringkat

BANDA ACEH - Hasil baik ditorehkan tuan rumah Persiraja mengawali kompetisi Liga 2 musim 2018. Pasalnya anak asuh Akhyar Ilyas berhasil mempermalukan PSPS Riau, 5-0, di Stadion H Dimurthala, Lampineung, Minggu (5/8) malam.

Keberhasilan tersebut langsung membuat posisi Persiraja naik di papan klasemen. Tambahan tiga angka membawa posisi Persiraja ke papan tengah.  

Dalam pertandingan itu, tuan rumah langsung memainkan rekrutan baru Andri Abubakar, Husnuzhon, Ponda Dwi Saputra, Muhammad Rizky Nasution plus Zamrony.

Sejak menit awal, permainan apik anak-anak Persiraja sudah mulai nampak. Tak butuh lama bagi lantak laju--julukan Persiraja untuk mencetak gol. Gol pertama itu melalui sundulan kepala Vivi Asrizal di menit tujuh setelah mendapat umpan dari Defri Riski dari sektor kiri.

Defri Riski yang memberikan umpan melambung disambar kaki kanan Vivi Asrizal dan tak mampu ditepis penjaga gawang PSPS Ivan Fadhilah.

Selanjutnya, giliran Defri Rizki yang merobek gawang PSPS Riau. Saat itu, Defri Riski yang menerima pasokan dari Asep Budi terus berlari hingga melewati garis tengah lapangan. Kemudian, menggiring bola sendirian sekaligus mengecoh tiga pemain belakang PSPS. Dengan tenang, Defri melepas sepakan kaki kanan sehingga menjebol gawang lawan pada menit 37.

Tak cukup satu gol, Defri Riski kembali merobek gawang PSPS Riau. Gol ketiga juga lahir setelah Defri Riski menerima pasokan bola dari Husnuzhon jelang turun minum.

Pada babak kedua, permainan punggawa PSPS Riau sedikit berubah, serta sempat beberapa kali membalas serangan anak-anak Persiraja. Namun tidak ada satu pun serangan yang mambahayakan gawang Persiraja.

Unggul tiga gol, anak-anak Lantak Laju--julukan Persiraja--terus menekan pertahanan PSPS Riau. Kali ini giliaran mantan pemain Persika, Husnuzhon yang mencetak gol setelah memanfaatkan tendangan bebas Faumi Syahreza. Gol terjadi pada menit 48. Striker mungil Vivi Asrizal kembali mencetak gol pada menit ke 65 lewat tendangan kerasnya memanfaatkan kemelut di depan gawang PSPS Riau.

Hingga peluit panjangan dibunyikan, skor tak berubah dengan keunggulan tuann rumah 5-0. Kemenangan telak itu juga balas dendam setimpal. Pasalnya, pada pertemuan pertama di markas PSPS, Persiraja kalah dengan skor 2-4.

Pelatih Persiraja Akhyar Ilyas usai pertandingan mengucapkan syukur atas kemenangan tersebut. Evaluasi besar-besaran yang dilakukan manajemen tampak mulai menunjukkan secercah harapan.

"Alhamdulillah segala puji bagi Allah. Kami sangat puas atas kemenangan ini. Performa pemain baru kami sangat baik. Total ada lima pemain baru yang tampil, empat langsung starter, dan satu masuk sebagai pemain pengganti. Artinya, pemain sekarang sesuai harapan dan kebutuhan tim," jelasnya.

Akhyar menjelaskan proses adaptasi sangat penting. Dia melihat, di awal-awal pertandingan sempat terjadi mis komunikasi antar pemain.

"Jujur kami belum sempat latihan bareng. Hanya permatangan taktikal serta briefing sebelum bertanding. Fullback melakukan over lapping dengan baik," ungkapnya.

Sementara itu, Asisten Pelatih PSPS, Gusnedi Adang mengaku terkejut dengan kekalahan itu.

"Bagi kami hasil ini sangat mengejutkan. Persiraja mulai menunjukkan jati diri sebenarnya. Saya salut dan mengucapkan selamat untuk Persiraja," ungkapnya.

Ia mengaku kehilangan hampir delapan pemain inti mengundurkan diri dari PSPS. Tiga pemain ke Persis Solo, sedangkan lima lagi ke Persiraja.

“Kami baru ada satu pemain dengan posisi sebagai bek kanan atas nama Dendi Sembiring,” ungkapnya. (MO)

Leave Comment

Loading...