Mengenal Stadion Harapan Bangsa, Markas Persiraja di Liga 1
Stadion Harapan Bangsa. Foto: MO

Mengenal Stadion Harapan Bangsa, Markas Persiraja di Liga 1

BANDA ACEH - Persiraja Banda Aceh menjadi salah satu klub yang promosi ke Liga 1 musim 2020. Persiapan terus dilakukan oleh manajemen untuk mengarungi kerasnya persaingan di kasta tertinggi sepak bola Indonesia.

Persiraja tentunya tidak ingin menjadi klub yang hanya numpang lewat di Liga 1. Apalagi Lantak Laju merupakan satu-satunya tim dari wilayah Sumatera yang bermain di Liga 1 musim ini.

Salah satu persiapan yang harus dilakukan oleh Persiraja adalah stadion. Pasalnya Stadion H Dhimurthala yang menjadi markas Persiraja di Liga 2 dalam tahap renovasi, sehingga manajemen harus mencari alternatif lain agar Persiraja bisa tetap bermain di Aceh.

Dengan pertimbangan yang panjang, akhirnya manajemen Persiraja memilih Stadion Harapan Bangsa menjadi markas baru untuk Persiraja.

Berikut Profil Stadion Harapan Bangsa

Stadion Harapan Bangsa atau yang sering disebut Stadion Lhong Raya merupakan stadion sepak bola yang selesai dibangun pada tahun 1997. Stadion tersebut berada di Desa Lhong Raya, Kecamatan Banda Raya, Kota Banda Aceh.

Letak stadion sangat strategis, hanya berjarak 5 km dari pusat perbelanjaan atau pusat perkotaan. Luas parkir stadion itu cukup untuk menampung ribuan sepeda roda dua dan ratusan roda empat. Kapasitas penonton stadion itu mencapai 45 ribu orang.

Stadion Harapan Bangsa atau yang disingkat SHB sudah pernah menggelar turnamen internasional pada tahun 2017. Sejumlah negara-negara di Asia ikut ambil bagian dalam kompetisi tersebut, termasuk Timnas Indonesia.

Stadion Harapan Bangsa. Foto: MO

Stadion ini juga mengalami renovasi setelah bencana Gempa Tsunami pada 2004 dengan dana bantuan bersumber dari FIFA. Renovasi kembali dilakukan pada 2011 dan 2017, menggunakan sumber anggaran Pemerintah Aceh. Bahkan stadion kebanggaan Tanah Rencong ini pada tahun 2000 sempat menjadi salah satu stadion Termegah di Indonesia.

Persiraja telah memutuskan untuk menggunakan Stadion Harapan Bangsa menghadapi Liga 1 musim depan. Apalagi kapasitas tempat duduk penonton yang cukup banyak juga menjadi alasan Persiraja memilih stadion tersebut menjadi tempat laga kandang Persiraja.

Berikut Fasilitas Stadion Harapan Bangsa:

1. Tribun Barat

Pada tribun tersebut memiliki kapasitas 7.500 penonton. Kemudian dilengkapi dengan sejumla fasilitas, ruang VVIP, mushalla, ruang ganti, ruang wasit, ruang kesehatan
ruang jumpa pers, kamar mandi, ruang penjaga tiket.

2. Tribun Timur
Pada tribun tersebut memiliki kapasitas 10.000 penonton. Kemudian dilengkapi sejumlah fasilitas kamar mandi, mushalla, ruangan, ruang penjaga tiket.

3. Tribun Selatan
Pada tribun tersebut memiliki kapasitas 13.750 penonton. Kemudian dilengkapi sejumlah fasilitas kamar mandi, mushalla, ruangan, ruang penjaga tiket.

4. Tribun Utara
Pada tribun tersebut memiliki kapasitas 13.750 penonton. Kemudian dilengkapi sejumlag fasilitas kamar mandi, mushalla, ruangan, ruang penjaga tiket.

Sekitar stadion juga dilengkapi berbagai fasilitas lainnya seperti Gedung Hall Serbaguna, Gedung IPSI, Gedung Hall Anggar, Gedung Hall Bulu Tangkis, Lapangan Basket, Lapangan VollyBall, Lapangan Sepak Takraw, Lapangan Tennis, dan Lapangan Sintetis.

Leave Comment

Loading...