Persiraja akan Seleksi Terbuka Elite Pro Akademi U-16 dan U-18
Presiden Persiraja, Nazaruddin Dek Gam. Foto: MO

Persiraja akan Seleksi Terbuka Elite Pro Akademi U-16 dan U-18

Oleh ,

BANDA ACEH - Persiraja akan menggelar seleksi Elite Pro Akademi (EPA) di seluruh Aceh. Seleksi ini akan digelar dalam waktu dekat untuk membentuk Elite Pro Akademi U-16 dan U-18.

Presiden Persiraja, H. Nazaruddin Dek Gam yang dikonfirmasi media ini membenarkan perihal tersebut. Menurutnya, Persiraja di lapangan nantinya akan bekerjasama dengan Badan Liga Sepak Bola Pelajar Indonesia (Blispi).

"Ya benar, kita sudah menerima surat dari PSSI bahwa Elite Pro Akademi tahun ini cuma U-16 dan U-18 saja, tidak ada U-20, mungkin pemain usia 20 sudah banyak yang layak dan main di senior," ujar Anggota Komisi III DPR RI ini.

"Ini seleksi terbuka, dan akan kita gelar seluruh Aceh, akan tetapi untuk menghemat waktu akan kita bagi ke dalam 6 zona," kata Dek Gam, Sabtu (26/6).

"Misalnya zona 1 Aceh Tengah, Bener Meriah, Gayo Lues dan Aceh Tenggara, Zona II Bireun, Aceh Utara, Lhokseumawe dan Pidie Jaya, begitu selanjutnya," detail Dek Gam.

"Jadi semua anak-anak aceh mendapatkan kesempatan yang sama, tidak ada yang diistimewakan," sambung Dek Gam lagi. Selanjutnya, pemain-pemain terbaik di daerah akan diseleksi kembali di Banda Aceh pada 28-29 Juli 2021.

Ketika ditanya kapan program ini akan dijalankan, Politisi Partai Amanat Nasional kelahiran Leupung Aceh Besar ini mengatakan bahwa sebenarnya ini program dari tahun lalu.

"Ini sebenarnya program dari tahun lalu, kita sudah mendesain semua untuk pembinaan, mulai dari Usia 16-18 tahun, bahkan kita sudah punya rencana akan membuka SSB Persiraja, tapi akibat pandemi semuanya kita batalkan, dan akan kita mulai lagi tahun ini," jelas Dek Gam.

Musim lalu juga kita gelar seleksi, namun semuanya harus dibatalkan hasilnya karena tidak ada kejelasan kompetisi akibat pandemi. Jadi, menurut Dek Gam, tahun ini semua dimulai seleksi ulang kembali sesuai kelompok umur lagi, karena pemain musim lalu, sudah pasti usia bertambah.

Pelaksanaan di lapangan nanti akan dibantu oleh Blispi di kabupaten Kota masing-masing. "Dan saya memastikan bahwa tidak akan ada pemain titipan, tolong kasih tau saya kalau ada pemain-pemain titipan, akan saya coret dan kalau ada manajemen yang sekarang melakukan titipan maka akan saya pecat," tegas Dek Gam. []

Jadwal Seleksi EPA Zona Aceh:

Zona 1 : 8-9 Juli 2021

Aceh Tengah
Takengon
Bener Meriah
Aceh Tenggara
Gayo Lues

Zona 2 : 11-12 Juli 2021

Lhokseumawe
Aceh Utara
Bireuen
Pidie Jaya

Zona 3 : 13-14 Juli 2021

Aceh Tamiang
Aceh Timur
Kota Langsa

Zona 4 : 16-17 Juli 2021

Tapaktuan
Aceh Selatan
Aceh Singkil
Subulussalam
Simeulue

Zona 5 : 19-20 Juli 2021

Meulaboh
Aceh Barat
Aceh Jaya
Aceh Barat Daya
Nagan Raya

Zona 6 : 22-23 Juli 2021

Banda Aceh
Sabang
Aceh Besar
Pidie

SELEKSI SENTRAL
BANDA ACEH
STADION H. DIMURTHALA
28-29 Juli 2021

Leave Comment

Loading...